Riview Novel "SHAF"

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 



Novel berjudul "Shaf" karya Ima Madani ini diangkat dari cerita wattpad. Dari awal cerita ini update d wattpad sekitar tahun 2020, atau mulai akhir 2019 yaa saya aga lupa hehe, saya selalu mengikuti update an nya. Karena saya merasa isinya sangat berbeda dengan cerita lain yang mengisahkan cerita tentang sekretaris dan bos nya.

Untuk riview nya kita mulai yaa, 

Penuis                    : Ima Madani 
Jumlah halaman  : 420
Genre                     : Spiritual Romance 
Penerbit                 : Galaxy Media

Blurb: 
"Satu shaf sholat di belakangnya adalah mimpi buruk". Kalimat itu cukup bagi Shafira untuk menjelaskan kondisinya setelah bertemu dengan seorang Athaya Khalil Adnan. Selama ini dia hidup dalam stigma bahwa profesi sekretaris hanyalah seorang yes-man. Menuruti semua kemauan atasannya tanpa memikirkan atau mempertimbangkan benar-salahnya. 

Konotasinya selalu negatif, mungkin karena pola pikir yang buruk itu, Allah seolah menghukumnya dengan cara membuat Shafira terjebak dalam profesi yang sangat dia hindari. Ya, menjadi sekretaris untuk seorang manager perencanaan, membuatnya seolah masuk ke dal labirin tanpa pintu yang tidak memberikannya pilihan kecuali menjalaninya. 

Eksentrik, meskipun karakter dan kebiasaan Athaya sangat kontradiksi dengan prinsip-prinsip Islam yang Shafira pegang. Pria ini justru menyetujui segala hal yang tidak Shafira lakukan. Bagaimana jadinya kalau dua makhluk antitesis itu menjalankan takdir yang sama? 

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 

Shafira memiliki karakter yang sulit memulai percakapan, sulit mencari bahan pembicaraan, dan sulit membangun suasana. Yang mana sikap tersebut akan menyulitkan dirinya karena beberapa orang jadi menilainya orang yang kaku dan terkesan sombong. Padahal bukan itu tujuannya. Shafira berniat hanya ingin menjaga diri dari lawan jenisnya.

Sedangkan Athaya adalah sosok pria tampan, murah senyum, kharismatik, dompet tebal, ramah, mudah berbaur dengan semua orang, seolah seluruh dunia digenggamannya. Imperfect. Hanya satu kekurangannya yaitu playboy

Saya suka jalan cerita pada novel ini, alurnya sangat menarik dan selalu di buat penasaran dengan kelanjutannya. Meskipun di blurb sudah diterangkan bahwa Shafira akan berjodoh dengan Athaya, namun di awal kita akan dibuat penasaran bagaimana mereka bisa bersatu, karena saat itu Athaya sudah punya tunangan sedangkan Shafira menyukai  seseorang dan dilamar orang tersebut. 

"Manusia itu ngga bisa menentukan kepada siapa hatinya berlabuh dan kita sendiri tahu kalau kita ngga punya kendali penuh sama yang namanya hati. Tetap ada campur tangannya Allah." (Halaman 110).

Pada buku ini terdapat pula kisah dari sahabat nabi dan kisah Islami yang related dengan kehidupan tokoh di buku ini. Sehingga kita bisa mengambil hikmah dari buku ini. 

Berikut beberapa quote dalam buku Shay, yang saya sukai : 








Dari buku ini tentu ada kekuranganya, yaitu menurut saya font nya terlalu kecil aga kurang besar (ntah ini apakah karena efek saya minus jadi ga suka tulisan kecil atau memang kekecilan menurut yang lain juga), selain itu masih beberapa ada typo pada penulisan. 

Buku ini recomended untuk dibca, karena beda dengan yg lain. Novel Shaf bukan kisah sekretaris cantik yang dicintai bos arogan. Apalagi kisah si dingin berkepala batu. Bukan pula pernikahan karena ikatan bisnis. Karena faktanya, cantik fisik dan kaya raya saja tidak cukup untuk bertahan di planet ketiga bernama Bumi ini ...........

Penasaran kan, yuk langsung baca aja novelnya pasti bikin senyum-senyum sendiri hehe. 

Sekian yaa teman-teman Riview kali ini. 
InsyaAllah selanjutnya akan riview buku berjudul "Tak Mungkin Membuat Semua Orang Seneng". 

See you...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Purwokerto, 10 Februari 2023 

NF






Komentar