Hadiah dari Perpustakaan UI

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Heii temen-temen... 
Pada tulisan ini saya ingin bercerita mengapa saya dapat hadiah tas laptop dari perpustakaan UI. 

Ngomong-ngomong mengenai perpustakaan UI, inilah tempat pavorit saya di kampus. Tempat ini sangat kondusif buat belajar, sarana dan prasaranya sangat memadai dan mendukung, koleksi buku yang lengkap, wifi lancar, dan sebagainya. 

Di kala saya penat belajar di dalam perpus saya pasti akan keluar gedung perpus, di belakang perpus ada taman dan danau. Duduk di pinggir danau disertai semilir angin dan melihat pepohonan yang hijau, rasanya sangat menyejukkan mata. Yaa ini lah cara saya merefresh otak d kala penat menghampiri 😊

Oiyaa hari Rabu lalu, sore-sore habis seminar saya ga ada kuliah, waktu itu ada teman yang minta tolong diantar ke kantor SKKK (keamanan kampus) untuk mengurus surat kehilangan. Setelah mengantarnya, saya tidak langsung pulang kos melainkan mampir ke masjid kampus lalu ke perpus dengan jalan kaki. Meski ada bis kuning, tapi adakalanya saya memilih jalan kaki saat jarak tempuh tidak terlalu lama. tidak tahu kenapa saya suka sekali menikmati semilir angin dengan jalan kaki sore-sore disekitar jalan menuju perpustakaan.

Setelah dari masjid, sekitar jam 4 sore saya memutuskan untuk ke perpus, awalnya sempat berpikir mau pulang ke kos saja soalnya sudah sore, kalaupun belajar nanggung cuman 2 jam. Tapi, setelah dipikir-pikir tak apalah lumayan 2 jam bisa produktif, daripada di kos ga mungkin saya belajar, yang ada malah tiduran kalau ketemu kasur. Hehe.

Tempat pavorit saya di perpus yaitu di ruang baca lantai 3 (ruang UIana). Menuju lantai 3 saya memakai lif, menunggu lif terbuka tidak sengaja saya melihat tulisan petunuk ruang pelatihan Science Direct, pas dilihat dan dibaca lagi ternyata pelatihannya yaitu besoknya (Kamis, 4 Maret 2020). Saya pun bertekad untuk ikut. Tapi,setelah sampai di lantai 3 saya lupa bahwasannya untuk mendaftar lewat link yang ada di instagram @lib_ui. Saya baru ingat belum daftar itu malamnya saat saya sudah siap-siap tidur. Saya pun langsung bangun lagi lalu buka instagram, dan masuk link pendaftaran. Alangkah sedihnya saya, ternyata pendaftaran sudah di tutup :(. Padahal acara pelatihan ini saya ingin sekali ikut. Saya tidak menyerah begitu saja, malam itu juga sekitar jam 10 malam saya menghubungi CP yang ada di posternya. Sebelumnya saya meminta maaf terlebih dahulu karena chat bukan di waktu kerja. Saya bilang di chat saya ingin ikut pelatihan, tapi sudah ga bisa di link, apakah ada kuota tambahan? Besok pagi sekitar pukul 5 pagi, chat saya di bales, beliau bilang boleh ikut tapi waiting list dan saya ga memperoleh snack. Alhamdulillah ada angin segar. Bagi saya tidak kebagian snack tidak masalah, yang penting dapat ilmu baru mengenai Science Direct. Saat itu saya berniat pagi jam 08.15 harus sudah sampai di ruang pertemuan perpustakaan UI. Karena hujan saya telat baru sampai pukul 08.40. Saya berpikir masuk ngga yaa udah telat malu. Ahh masuk saja, mau cari ilmu jangan malu. Saya pun langsung meuju meja registrasi, bilang bahwa saya waiting list. Ternyata saya langsung boleh masuk tanpa harus menunggu kalau ada yang tidak berangkat. Alhamdulillah. Namun, dari pihak perpus minta maaf saya tidak kebagian snack. Saya bilang tidak masalah mba :) . Pas saya masuk ruangan, ternyata masih cukup sepi, mungkin karena hujan yaa jadi telat datangnya. Tapi, saya bersyukur sekali karena hujan juga saya jadi bisa ikut tanpa waiting list. Alhamdulillah. Acara dimulai pukul 09.00, nama pembicara nya saya lupa, maafkan :(. Dari pelatihan ini banyak pengetahuan-pengetahuan baru mengenai Science Diract dan cara penggunaannya. Untuk hasil pelatihan ini InsyaAllah saya akan posting di web juga, semoga dalam waktu dekat ini. Sebenarnya, sebagian sudah saya ketik di blog ini, tapi belum saya publish karena belum lengkap.

Di akhir acara ada pembagian hadiah bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan. Pertanyaan nya cukup mudah karena sesuai dengan materi yang disampaikan saat pelatihan. Namun, terkadang kita telat angkat tangan, jadi gagal menjawab hehe. Tapi, alhamdulillahnya kemaren saya bisa angkat tangan segera setelah di petugas perpus membacaan pertanyaan. Pertanyaan yang saya jawab kemaren sebenarnya bukan mengenai materi pelatihan, melainkan mengenai tgl lahir perpustakaan UI, kebetulan malamnya saya habis buka ig jadi saya masih ingat hehe. Alhamdulillah akhirnya saya bisa menjawab dan mendapat hadiah tas laptop. Sebelumnya, saya memang sedang ingin membeli tas laptop karena sering merasakan pegal di pundak keseringan membawa laptop. Alhamdulillah Allah memberikan tas laptop ini dengan cara tak terduga, yaitu melalui ikut pelatihan ini saya memperolehnya. Alhamdulillah. Oiya setelah keluar ruangan, saya pun dikasih snack sama panitia. Alhamdulillah rezeki lagi. Rasanya hari itu saya bahagia sekali dapat banyak rezeki, dapat ilmu dari pelatihan, dapat tas, dapat snack :)

Ceritanya cukup sekian, sebenernya ga penting hehe. Tapi hanya ingin cerita saja:)
Oiya temen-temen, di perpustakaan UI setiap minggunya ada pelatihan literasi dan setiap minggu terakhir bulan ada pelatihan seperti Science Direct ini, menurut saya pelatihan-pelatihan ini sangat bermanfaat banget, gratis lagi, dapat snack/makan siang juga, dan kalau lagi beruntung bisa dapat hadiah juga. So, mari kita manfaatkan fasilitas dan wadah yang telah disediakan oleh perpustakaan sebagai tempat menambah ilmu tentang literasi dan skill mengenai akses-akses journal dan ebook.

Untuk pelatihan selanjutnya yaitu Mendeley (26 Maret 2020), yuk ikutan teman-teman. Di catat tanggalnya yaa, kalau bisa di alarm seminggu sebelumnya sehingga bisa daftar di awal :)
Dan jangan lupa follow instagram perpustakaan UI yaa temen-temen, banyak info dan pelatihan menarik. Instagramnya yaitu @lib_ui.

Terimaksih teman-teman.


#nisastory
#uiweek29

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Depok, 15 Maret 2020
Pukul 18:27 WIB


NF








Komentar