Hari Pertama Pelatihan di Batan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



Oke. Temen-temen InsyaAllah seminggu ini Nisa akan sedikit cerita pengalaman setiap harinya pelatihan di BATAN 😊.

First Day...
Liburan semester pertama ini yang awalnya 1 bulan terpotong 1 minggu untuk pelatihan instrumentasi medis di Pusdiklat Batan.

Tadi pagi jam 04.00 WIB saya sudah bangun dengan bantuan alarm hp. Bangun tidur tadi langsung siap-siap menyiapkan bekal, kebetulan nisa kebagian bawa bekel nasi saja. Untuk lauknya ada temen-temen nisa yang jatahnya. Nasinya sendiri, nisa masak sebelum tidur semalam. Karena takut ga keburu kalau masak pagi hehe. Selain, menanak nasi, nisa juga menyiapkan perlengkapan buat di bawa ke batan. Misal alat tulis, buku, jas almamater, kalkulator dan air minum ke tumbler. Sehingga paginya tinggal nasi aja yang d siapkan. Kemudian d masukkan tas. Persiapan ini d lakukan supaya besok tidak ada yang tertinggal. 😊

Setelah mandi, sholat, dan siap2 nisa berangkat. Dengan sebelumnya sarapan dulu. Sarapan bagi nisa itu wajib. Hehe. Buat adupan energi pagi sebelum beraktivitas.

Untuk sampai di BATAN, dari kos menuju Halte TJ Menwa pakai gojek, kemudian sampai sana sudah ada temen-temen. Setelah kumpul kita bersamaan naik TJ. Perjalanan naik TJ dari Menwa UI ke Lebak Bulus yaitu sekitar 1 jam lebih 15 menit. Sampai d halte TJ Lebak Bulus dilanjutkan dengan jalan kaki menuju Batan nya yaitu d daerah Pasar Jum'at. Sampai sana ternyata baru ada 2 teman yang sudah sampai. Saat naik TJ tadi itu ada nilai kejujuran yang diajarkan. Dimana setiap penumpang uang akan naik TJ itu akan Tapcas (bayar melalui emoney) nya terlebih dahulu di mesin yang tersedia di dekat pintu TJ. Kalau tidak punya emoney bisa juga dengan bayar tunai. Tapi, disini pegawai TJ (kaya kernet) tidak meminta langsung karena beliau tidak tau persis siapa saja yang tidak punya emoney kan. Jadi, harus inisiatif penumpang nya sendiri yang bilang bahwa dia mau bayar tunai. Bayarnya cukup murah dari UI ke Lebak Bulus di tarif 2k. Meski relatif murah tapi tentu kita tetap harua menjujung kejujuran. Maka, sadarlah untuk membayar hehe.

Pelatihan Instrumentasi Medis di awali dengan pembukaan di Aula Pusdiklat Batan. Kesan pertama masuk kawasan BATAN, jujur merasa sangat hangat penyambutannya. Mulai dari pa satpam, pegawai-pegawai, dan kepala Pusdiklatpun sangat ramah sekali. Sungguh ini kesan yang bagus di awal. Di harapkan selanjutnya pun seperti ini. Aamiin.

Isi pembukaan pelatihan biasa diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sabutan-sambutan, doa, dan arahan serta tata tertib pelatihan. Di sesi akhir pembukaan ini kita foto bersama. 😊

Lalu dilanjutkan dengan materi di kelas oleh beberapa pegawai batan. Saat sesi materi ini jujur meaki sudah belajar di dalam kuliah. Tapi merasa maaih awam hehe. Ini karena nisa kurang belajar kayanya. Jangan d tiru yaa. Oiyaa sebelum materi kita juga melakukan pre test. Pre tes ini bertujuan untuk mengetahui di titik mana pengetahuan kita mengenai materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini. Tadi ibu nya bilang kalau ga bisa tidak apa-apa dikosongkan. Ini hanya sebagau tolak ukur saja. Tidak akan menjadi penilaian. Justru kalau diisi semua malah dikira sudah paham semua. Jadi, biarkan saja yang tidak paham tidak usah dikerjakan. Dari situ pegawai batan bisa tahu sejauh mana pengetahuan kita dan dimana letak kekurangan kita. Sesi materi ini berlangsung sampai pukul 12.00 WIB.

Pukul 12.00-13.00 WIB kita gunakan untuk ishoma. Di sesi ini kita tadi makan dulu baru sholat dzuhur. Ketika makan siang tadi kita makan bareng-bareng, dengan bekal yang di bawa dari kos. Ada yang bawa nasi dan ada yang bawa lauk. Kita makan bareng-bareng. Disini terasa banget kekeluargaannya. Saling berbagi. Menunya sederhana yaitu nasi, sayur kangkung, kering tempe, dan pangsit kering. Oiyaa sama rendang juga oleh2 dari Jember masakan salah satu Ibu dari temen saya. Terimakasih 😊. Jadi, ingat suasana di pondok, dimana kalau makan kita biasa makan di nampan hehe. Di tengah-tengah makan kita Saling bercerita hangat.

Kemudian d lanjutkan praktikum dari pukul 13.00-16.00 WIB. Praktikum hari pertama ini kelompok saya memperoleh judul Kontaminasi. InsyaAllah untuk praktikumnya saya ceritakan d cerita selanjutnya yaa. 😊

Bersambung,

Semabgattt !!!
besok berangkat pagi lagi yaitu pukul 05.30 WIB 😊

Depok, 20 Januari 2020
Pukul 23.36 WIB


NF
(Menulis sejak di stasiun KRL sambil nunggu KRL dateng kemudian d lanjutkan d kos sebelum tidur)

Komentar