Being Yourself

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selasa, 19 Februari 2019
Saya ada agenda, yang salah satunya ada pengambilan foto. Walhasil Ibu aga rewel mulai memilihkan baju, dandanin, pilihin sepatu, dll. Alhasil saya nurut saja, namun mengenai make up saya sempat komplain hihi maafkan bu, soalnya nisa ngga suka pakai make up. Meski sempat komplain tapi tetep pasrah saat mulai di bedaki dan d lipstiki. Dalam hati ya Allah pasti ini muka kaya ondel-ondel 😁. Tapi saya masih beruntung muka ini masih tertutupi oleh masker hehe, jadi tak sepenuhnya terlihat terutama lipstik. Saat sampai d suatu tempat agenda hari ini saya ga lepas masker 😁, karena merasa pengap akhirnya buka masker lalu ku hapus lipstiknya. Maafkan anakmu ini Bu 🙏🙏🙏. Saya sebenernya mengerti akan keinginan Ibu supaya anaknya ini lebih terlihat pantas d lihat jangan polos-polos amat. Tapi tidak tahu kenapa saya ga pernah PD saat pakai make up, yang ada terus kepikiran. Ini mukanya kaya ondel2 ngga yaa? Bedaknya ketebalan ngga yaa? Lipstiknya kemerahan ngga yaa?? Dan pertanyaan lainnya. Alhasil nanti malah saya hilang fokus dengan sebenarnya yg harus dilakuin. Kalau orang lain mungkin lebih PD pakai make up, tapi kalau saya menjadi minder.

Sebenarnya ada pengalaman lain juga mengenai dandan yg saya alami. Saya mulai mengenal dandan (bedakan) itu saat MTs, dulu saya inget sekali suatu hari saat saya duduk di kelas 7 saya pernah sekali nyoba-nyoba pakai bedak, bedaknya pakai bedak baby lupa merknya apa 😁. Di hari pertama pakai bedak ada salah satu temen yang bilang "nis itu bedaknya gak rata", waaa disitu jujur saya malu ketahuan pakai bedak, langsung deh d hapus bedaknya dengan cara cuci muka. Sejak saat itulah saya ga pernah lagi pakai bedak saat sekolah sampai saya kelas 9. Mungkin disitu saya semacam trauma yaaa wkwkwk. Namun, saat perpisahan yg bertemakan kebaya bagi perempuan, secara tidak langsung mengharuskan saya berdandan, disitu jadilah saya make up an lagi dan pertama kalinya pakai lipstik. Saat itu saya minta teteh saya buat dandaninnya tipis2 saja. Saya takut nanti ga PD lagi. Alhamdulillah dandanin nya sesuai selera saya.

Beranjak MA (SMA) saya tetep pada pendirian saya yaitu ga suka pakai make up saat mau sekolah ataupun ngaji (kebetulan saya MA sambil pesantren). Bagi saya saat itu berpendapat, dandan itu sama saja buang2 waktu. Tapi ini hanya pendapat pribadi saya yaaa 🙏. Dulu saya itu kalau pagi habis Subuh sudah rapi pakai seragam kecuali roknya saya ganti dengan sarung, supaya setelah ngaji saya bisa langaung berangkat tentu sebelumnya mengganti sarung dengan rok. Disitu saya tak perlu dandan lagi. Karena tetap saya ga suka bedakan dkk. wkwkwk. Tentu temen2 pondok saya ngajakin supaya saya dandan, tapi saya tetep ga mau, ga tau rasanya malas. Dan tentu tetep pada alasan yg pertama saya ga PD kalau dandan. Meski begitu saya juga ga munafik, pernah juga berdandan yaitu saat acara Hataman dan perpisahan MA. Pas perpisahan MA saya kembali dibuat trauma menggunakan make up, sungguh saya malu melihat muka saya sendiri yang make up nya tebal. Walhasil sampe sekarang saya paling anti membuka album foto2 perpisahan saat MA, sampe kalau ada yg ngetag foto d fb atau sosmed lainnya saya akan hapus tag nya. Maafkan saya yaaa 🙏

Masa Kuliah. Saya mengira saya akan berubah menjadi suka make up, namun ternyata tetap sama. Saya ga suka make up an. Sampai-sampai ada yang menyadari bahwa saya itu terlihat polos ngga pernah lipstikan sama sekali, akhirnya ada temen saya yang ngasih kado lipstik pada saat saya sidang. Wahhh makasih yaaa. Oiyaa kalau bedakan si saya pernah tapi ga rajin setiap hari kalau mau berangkat kuliah bedakan. Bedakan kalau lagi mood saja hehe. Mungkin suatu saat saya akan berani pake make up. Dan make up menjadi kebutuhan. Tapi ga tahu kapan hehe. Yang jelas sampe sekarang saya lebih PD tampil polos2 saja. Hehe

Saya berharap suatu saat nanti saya bekerja di suatu tempat yang tidak mengharuskan pegawainya dandan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Kesimpulannya: Jadilah diri sendiri, daripada memaksakan jadi orang lain, namun kamu minder. Itu akan membuatmu kehilangan jati dirimu.

Cerita ini hanya opini pribadi yaa 🙏

Brebes, 21 Maret 2019
21:57 WIB


NF

Komentar