My Experience : PEMILU

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

"Pengalaman adalah guru terbaik"

Pada Pemilu 2019 ini saya diamanahi menjadi panitia KPPS. Awalnya saya menolak menjadi panitia. Tapi, karena bujukan orang tua saya pun menerimanya. Menurut beliau keikutsertaan saya ini akan menambah pengalaman dan juga ikut kontribusi kepada desa dalam mensukseskan Pemilu Presiden dan anggota legislatif.

Langsung saja yaa ceritanya ....

Pada hari H pelaksanaan Pemilu saya ditugaskan mengurus bagian administrasi. Tugasnya yaitu tulis menulis (menulis formulir C, C1, C1 hologram, dan lain-lain).

Sebelum hari H saya mempelajari terlebih dahulu mengenai administrasi Pemilu, mulai dari cara pengisian formulir C. Apa saja jenis formulur yang harus diisi, siapa saja yang akan memperoleh salinan formulir, dan lain sebagainya. Saya belajar melalui buku panduan Pemilu dan menonton youtube. Mungkin terdengar sepele tugas administrasi itu, tugasnya hanya nulis saja. Tapi, bagi saya menulispun harus efektif. Maka, dari itu harus memperhatikan apa saja yang perlu ditulia dari awal, waktu pengerjaan, jumlah dan salinan yang harus disiapkan. Jadi, tidak hanya menulis saja. Faktor-faktor pendukungpun harus disiapkan. Bagi saya mempersiapkan tugas sebelum hari H adalah suatu keharusan. Saya bukan tipe orang yang bisa langsung paham sebelum saya belajar terlebih dahulu. Saya bukan tipe orang deadliner. Tapi, saya termasuk orang yang perfeksionis. Jadi, apa -apa saya harus persiapkan dan rencanakan terlebih dahulu. Sehingga, saat hari H kerja saya sudah punya gambaran apa yang harus saya kerjakan, estimasi waktu yang diperlukan juga sudah punya ancer-ancer, dan juga mempersiapkan kemungkinan terburuk serta solusinya nanti harus bagaimana.

Sebelum hari H saya sudah mempunyai catatan pengertian lambang-lambang yang digunakan misal formulir C1 untuk apa, A5 apa, dll. Sehingga, saat hari H lupa saya tinggal buka catetan. Saya juga mencatat berapa salinan yg perlu dipersiapkan dalam setiap formulirnya, sehingga nanti tidak kurang atau lebih, tapi kalau lebih ga apa2 hehehe.

Kesimpulannya: ketika diamanahi suatu tugas harus bisa tanggung jawab dan sebelumnya mempelajari terlebih dahulu tugas kita.

InsyaAllah suatu saat saya akam menulis cara-cara mengurus administrasi Pemilu. Mohon doanya ya semoga bisa segera berbagi ^^.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Brebes, 21 April 2019
(22.05 WIB)


NF

Komentar