Cerita Ramadhan Nisa

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ramadhan bulan penuh berkah.
Ramadhan bulan penuh kerinduan.

Setiap tahun bulan Ramadhan selalu dinantikan. Hati ini terasa sangat bahagia menyambutnya. Lantunan Al Qur'an di surau-surau, masjid terdengar setiap malam dan pagi. Atau biasa disebut dengan tadarusan. Orang-orang berbondong-bondong berbuat kebaikan. Karena, seperti yang diketahui pahala di bulan Ramadhan akan di lipat gandakan. Ahhh Ramadhan memang istimewa. 

Ngomong-ngomong bulan Ramadhan, saya ingin flashback hehe. 

Ramadham 2014 adalah bulan perjuangan saya mengikuti tes untuk masuk perguruan tinggi. Pulang pergi Brebes Jogja untuk mengikuti tes di beberapa Universitas Di Yogyakarta. Di tengah kondisi tubuh yang sedang berpuasa, rasa lelah tak pernah dirasakan. Yang ada saat itu semangat untuk bisa lolos masuk PTN adalah tujuan saya. Meski harus rela panas-panas jalan kaki menuju halte trans Jogja. Sesak-sesakan di dalam bus. Semuanya terasa ringan Alhamdulillah. Yaaa memang sebenarnya puasa itu kalau sudah diniati tidak memberatkan kita. 

Ramadhan 2015 saat itu masih semester 2. Masih bau-bau mahasiswa baru yang ingin mengeksplor banyak hal, hehe. Salah satunya yaitu semangat banget nyari tempat bukber gratis dari masjid ke masjid hehe. Lumayan buat ngirit-ngirit uang bulanan 😁.

Ramadhan 2016, saya waktu itu sedang mendapat amanah menjadi panitia PPSMB Palapa UGM (Ospek Maba) di bagian Sie Kesekretariatan. Ramadhan 2016 ini saya lalui puasa bersamaan mengerjakan tugas-tugas kepanitiaan. Sehabis pulang ngampis sorenya langsung menuju markas panitia bisa sampai Saur pun masih dsana. Hehe. Alhamdulillah ada kegiatan.

Ramadhan 2017, saya KKN di daerah Jatinegara, Tegal. Saat itu mencoba belajar bersosialisasi langsung dengan masyarakat. Belajar mengaplikasikan ilmu yang pernah dipelajari di bangku sekolah. Dan yang saya rasakan saat itu adalah belajar teori itu lebih mudah ternyata daripada mengaplikasikannya. Namun, dari situ saya belajar banyak hal mengenai hidup bermasyarakat. Belajar bagaimana berbaur dengan warga, bagaimana cara bersikap dengan warga, belajar bagaimana menghargai setiap perbedaan di masyarakat, belajar bagaimana kerukunan, belajar bagaimana solidaritas antar warga, belajar bagaimana toleransi. Dan semua itu tidak hanya teori namun praktek langsung. 

Ramadhan 2018, ini merupakan ramadhan yang penuh dengan tantangan, hehe. Saat utu saya sedang bergulat dengan yang namanya skripsi hehe. Awal Ramadhan tahun lalu analisa perhitungan skripsi saya masih nol. Data yang diolah masih belum sesuai harapan. Bolak balik bertemu dosen pembimbing untuk diskusi mengenai skripsi mengapa hasilnya seperi itu terus. Selain bertemu DPS saya juga bolak balik bertemu dengan kaka tingkat mahasiswa s3 buat belajar dari beliau. Alhamdulillah 1 minggu sebelum deadline pengumpulan akhir untuk wisuda Agustus, perhitungan hasil skripsi sudah terlihat. Saya pun segera menyelesaikan bab 5 dan 6 demi bisa sidang bulan Juni dan wisuda Agustus. Beberapa hari sebelum deadliner yaitu 6 Juni 2018, sayapun sering begadang. Seingat saya pernah ga tidur semalaman demi selesainya skripsi. Alhamdulillah 4 hari sebelum deadliner saya bisa ngasih full draf skripsi ke DPS untuk di koreksi. Dan saya baru dapat revisi an yaitu H-1 hari sebelum deadliner. Tapi saat itu saya udah bersyukur sekali yang penting hasil udah selesai tinggal revisi saja. Kalaupun tidak kekejar 6 Juni saya akan mengumpulkan pada tahap 2 yaitu 22 Juni. Setelah dapat revisian malamnya saya langsung dikerjakan. Kembali saya pun begadang. Waktu itu prinsipnya jangan sampe ketiduran sebelum revisian selesai. Alhamdulillah jam 3 pagi selesai mengerjakan revisi. Karena sudah waktu sahur saya pun menunda tidur. Dan baru tidur habis Subuh. Waktu itu saya terpaksa tidur habis subuh demi adanya energi kembali. Padahal dari kecil saya dididik oleh orang tua saya jangan tidur habis Subuh. Tapi waktu itu saya melanggarnya 🙏. Saya tidur sekitar 2 jam an. Lalu jam 8 berangkat ke kampus untuk mengasih hasil revisian kepada DPS. Dan di luar dugaan beliau tak menanyakan hasil revisian saya, yang ada beliau menanyakan mana lembar persetuan skripsi saya yang didalamnya ada kolom untuk tanda tangan DPS. Saat itu saya terlihat seperti orang kaget sekaligus plonga plongo karena itu semua diluar pikiran saya. Ternyata skripsi saya sudah di acc beliau dengan 1 x revisi saja (ini untuk yg bab 5 6 saja yaa, kalau bab sebelunya sudah di revisi beberapa kali hehe). Alhamdulillah yaaa Allah. Habis bertemu beliau saya langsung buat halaman persetujuan supaya nanti bisa langsung di ttd i dan bisa mengupload draf fix skripsi saya ke web jurusan. Dan alhamdulillah sore sekitar jam 5 saya selesai mengupload. Hmmmm rasanya lega saat itu. Dan langsung teringat Ibu dan Bapa di rumah. Mungkin kemudahan ini tak lain adalah berkat doa beliau. Terimakasih Pa Bu selalu mendoakan anak mu yang masih bandel ini. 

Ramadhan 2019, sekarang insyaAllah full puasa di rumah bersama keluarga. Setelah 7 tahun lalu mulai saat saya MAN saya lebih banyak menghabiskan ramadhan d perantauan. Alhamdulillah tahun ini bisa kembali puasa di rumah. Yaaa saat ini saya masih d Brebes karena belum kerja alias masih pengangguran hehe. Mohon doanya yaà teman-teman semoga bisa segera bisa mengaplikasikan ilmu saya di dunia kerja. Aamiin....

Sekian cerita nya hehe.

Oiya mengingat sudah masuk 10 hari di penghujung bulan Ramadhan yuk kita sama-sama meningkatkan amalan ibadah kita. Perbanyak baca sholawat, dzikir, dan baca doa. Doanya : "Allahumma Innaka 'Afuwwun Tuhibbul 'Afwa fa'fuanni". Wallahu A'lam Bisshoab 🙏  


#RammadhanKareem
#22Ramadhan1440H
#NisaStory

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Brebes, 28 Mei 2019
Pukul, 00:19 WIB


NF

Komentar